Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

GPS Essentials Aplikasi Survey dan Pemetaan Di HP Android

Apa kabar Sahabat Surveyor? tentunya kita berharap semoga dalam keadaan baik - baik semua ya. Kali ini blog Sahabat Surveyor akan berbagi info tentang aplikasi android yang bermanfaat untuk teman - teman surveyor dimana pun berada yaitu GPS Essentials Aplikasi Survey dan Pemetaan Di HP Android. Aplikasi yang dirancang untuk kegiatan outdoor ini memang sangat lengkap menunya yang menunjang untuk kegiatan survey dan pemetaan. Aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja baik surveyor maupun seseorang yang suka dengan kegiatan lapangan alias outdoor, namun disini saya akan menjelaskan lebih banyak tentang manfaat untuk survey dan pemetaan. Perlu diketahui bahwa tingkat keakurasian dan deviasi Aplikasi GPS Essentials cukup tinggi yaitu kurang lebih sekitar 3 meter hampir sama dengan GPS Navigasi Handheld Garmin, namun bedanya kalau garmin memang perangkat khusus GPS sehingga bandel dan tahan banting sedangkan GPS Essentials  aplikasi yang menginduk pada HP android. Dalam pengoperasiannya GPS Essentials ini tidak membutuhkan data internet karena langsung menggunakan sinyal satelit.

Manfaat GPS Essentials Aplikasi Survey dan Pemetaan Di HP Android bagi seorang surveyor adalah bisa digunakan untuk membuat jejak ( track ) atau untuk merekam jalur perjalanan dan membuar waypoint atau merekam titik suatu tempat, untuk surveyor pemetaan tentu ini adalah kegiatan yang biasa dilakukan yang kemudian data tersebut bisa diolah kedalam software pemetaan ataupun software GIS.

Agar semuat bisa memanfaatkan GPS Essentials Aplikasi Survey dan Pemetaan Di HP Android mari kita langsung praktek ya, siapkan HP Android teman - teman/

Pertama install dulu aplikasi GPS Essentials melalui Playstore atau link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mictale.gpsessentials

Kalau sudah terpasang silahkan buka, dan sobat akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

Kemudian untuk menu Dasbord sobat bisa lihat tampilannya seperti pada gambar dibawah ini dan sobat bisa menampilkan beberapa menu dengan menekan icon +.

Selanjutnya kita lihat tampilan menu Camera pada gambar dibawah ini

Kerennya lagi ada juga menu Compass ya, karena kompas merupakan alat wajib bagi seorang surveyor pemetaan bisa dilihat tampilanya pada gambar dibawah ini

Untuk tampilan satelit bisa klik menu Satellites dan akan tampil seperti gambar dibawah ini.

Dan menu yang paling cocok banget sama Survey Pemetaan adalah menu Track dan Waypoint, diama menu Track ini berfungsi untuk merekam atau mengambil data setiap track atau jalur jalur yang kita lewati, sedangkan waypoint merupakan menu untuk menandai suatu lokasi atau untuk mengambil data suatu lokasi dalam bentuk titik.
Berikut adalah tampilan menu Track dan tampilan menu Waypoint


Data hasil Track dan Waypoint dapat disimpan dalam berbagai format antara lain GPX, KML, TXT, KMZ, LOC sehingga kita bisa membukanya di Notepad, bisa juga di mapsource, atau bisa juga di Google Earth dan Googlemaps.
Berikut adalah cara export hasil waypoint maupun track, buka hasil rekaman data track atau waypoint kemudian pilih menu titik 3 di kanan atas kemudian pilih Export dan pilih format file yang dikehendaki misal kita ambil contoh GPX.

Untuk file dengan format GPX bisa dibuka menggunakan software EasyGPS, Mapsource maupun DNR Garmin yang kemudian bisa kita teruskan dengan pengolahan software GIS seperti ArcGIS, QGIS maupun MapInfo Profesional. Semoga apa yang saya jelaskan mudah dipahami dan bisa bermanfaat buat teman - teman surveyor, oh ya baca juga Apliasi Android Menghitung Jarak dan Azimuth.
0 Komentar untuk "GPS Essentials Aplikasi Survey dan Pemetaan Di HP Android"

Back To Top