Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

Software Untuk Menunjang Pekerjaan Surveyor

Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan pekerjaan, saat ini surveyor dituntut untuk bisa menggunakan software - software penunjang pekerjaan yang berkaitan dengan pengukuran dan pemetaan, Jadi intinya untuk saat ini surveyor juga diharuskan untuk bisa membuat data dengan sistem komputerisasi. Jadi bagi para surveyor senior yang belum bisa menggunakan software surveyor ayo mari belajar jangan sampai ketinggal ama yang muda - muda, karena saat ini surveyor yang lulusan SMK tenik survey dan pemetaan sudah dibekali dengan kemampuan menggunakan software pemetaan apalagi kalau lulusan D3 Geomatika atau S1 Geodesi tentunya mereka sudah pada expert dalam hal software survey dan pemetaan.

Ada beberapa software yang mesti kita pelajari untuk menunjang pekerjaan survey, karena dengan kita bisa menguasai suatu software tentu akan menjadi nilai tambah tersendiri dan bisa menjadi nilai jual kita menjdai naik. Berikut adalah software yang harus dikuasai oleh seorang surveyor, baik surveyor konstruksi, topografi, kadateral maupun surveyor lainnya yang berkaitan dengan pengukuran dan pemetaan.

Microsost Excel
Software Microsoft Excel merupakan salah satu software yang harus dikuasai oleh seorang surveyor karena kaitannya erat dengan laporan dan perhitungan.

Autocad
Software drafting satu ini juga harus dikuasai oleh seorang surveyor karena kaitanya dengan laporan hasil ukur lapangan yang bisa diplot ke dalam gambar, setidaknya seorang surveyor bisa membuka program autucad walau hanya sekedar View tanpa edit.

Software GIS
Software GIS atau Sistem Informasi Geografi biasanya digunakan oleh survey pemetaan, seperti survey kadasteral, survey tambang, survey perkebunan dan lainya. Software ini mampu membuat peta baik 2 dimensi maupun 3 dimensi lengkap dengan analisa database dengan istilah data tabular. Software yang biasa digunakan adalah software ArcGIS, Mapinfo ataupun QGis.

Software Untuk Menghitung Volume Galian dan Timbunan
Software ini biasanya digunakan untuk buka lahan baru yang ada pekerjaan Cut and Fill atau galian dan timbunan dan juga biasa digunakan oleh surveyor tambang. Software - software tersebut antara lain adalah :
Autocad Land Development / Autocad Civil 3D.
Surpac
Minescape
TerraModel
Dan software lainnya yang mampu merencanakan dan menghitung volume galian dan timbunan.

Itulah software yang mestinya surveyor pelajari, namun tidak semuanya harus dipelajari yang penting sesuai kebutuhan saja, setidaknya bisa menguasai Microsoft Excel dan Autocad maka seorang surveyor mempunyai nilai lebih dalam pekerjaan dan bisa meringankan pekerjaan kita sebagai seorang surveyor. Sebenarnya masih banyak lagi software - software surveyor yang tidak bisa saya jelaskan semua di artikel ini, seperti software untuk mengolah data dari data foto drone maupun software untuk survey hydrografi tentunya ada software khusus. Namun pesan saya setidaknya kita sebagai seorang surveyor pelajari lah microsoft excel dan autocad.
0 Komentar untuk "Software Untuk Menunjang Pekerjaan Surveyor"

Back To Top