Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

Aplikasi Untuk Merekam Track Jalur Perjalanan Menggunakan GPS di HP Android

Apa kabar Sahabar Surveyor semua, semoga selalu sehat dan bahagia, kali ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan Aplikasi Untuk Merekam Track Jalur Perjalanan Menggunakan GPS di HP Android. Nama aplikasi yang bisa merekam jalur perjalanan yang kita lalui adalah A-GPS Tracker yang merupakan aplikasi android buatan GIO Bot Italia. Aplikasi ini cocok bagi yang suka bagi yang suka berpetualang, baik traveling maupun sport. Sebagai contoh bagi anda yang suka traveling atau wisata bisa melakukan perekaman jalur perjalanan dari tempat asal sampai ketujuan, atau anda yang suka olah raga dengan sepeda bisa melakukan track recording atau merekam jalur perjalanan sepeda yang anda lewati. Tentunya karena ini blog tentang surveyor aplikasi ini sangat bermanfaat bagi surveyor untuk melakukan survey awal kemudikan memetakannya pada software GIS, namun aplikasi ini masih jauh dari sempurna dibandingkan GPS hand held atau RTK, jadi jangan gunakan sebagai acuan bisnis atau pengukuran.

Hasil dari track atau jalur perjalanan yang sudah kita lalui selanjutnya bisa kita simpan dalam format GPS yang selnjurnya bisa dibuka menggunakan software mapsource, software GPX Viewer, Sofware DNR Garmin ataupun software atau aplikasi lainnya yang suport dengan file format gpx. Selanjutnya file tersbut bisa dibuka diprogram GIS atau progam pemetaan yang mungkin digunakan untuk analisa atau hanya sekedar koleksi data perjalanan saja.

Selanjutnya saya akan menjelaskan cara menggunakan Aplikasi Untuk Merekam Track Jalur Perjalanan Menggunakan GPS di HP Android.
Langkah pertama tentunya kita harus punya aplikas android A-GPS Tracker dengan download di Playstore secara gratis atau melalui link ini  
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.giobat.troviamoci.

Kalau sudah terinstal silahkan aktifkan GPS di gawai android sobat, kemudian buka aplikasi A-GPS Tracker.

Sekarang kita bisa mulai merekam track atau jejak jalur perjalanan kita dengan memilih simbol REC kemudian START.


Silahkan sobat melakukan perjalan baik jalan kaki, naik sepeda, naik mobil ataupun naik bus, itu suka - suka sobat bagaimana dan dengan apa mau sampai tempat tujuan.

Jika sudah sampai tujuan dan dirasa cukup rekaman jalur perjalanan silahkan pilih SAVE, maka akan tersimpan dengan format GPX

Sangat mudah dan simpel kan menggunakan Aplikasi Untuk Merekam Track Jalur Perjalanan Menggunakan GPS di HP Android. Sobat bisa langsung mempraktekan dengan HP android sobat, ayo tanpa tunggu lama. Oh ya untuk kita juga bisa mengupload file GPX dari sumber lain untuk keperluan navigasi. Misal seseorang sobat pernah melakukan track recording pada suatu jalur dan mengirim file dengan format GPX ke kita, maka kita bisa membukanya di aplikasi A-GPS Tracker. Berikut adalah cara mengupload file gps kedalam A-GPS Tracker.

Pertama pilih simbol GPX yang ada dibain layar atas, kemudian pilih LOAD GPX FILE - FROM YOUR FOLDER.


Silahkan cari folder dimana file GPX ditempatkan kemudian pilih, dan silahkan lihat hasilnya.


Sangat jelas terlihat hasil tracking file yang kita upload, selanjutnya kita bisa menelusuri mengikuti jejak jalur perjalan yang ada pada layar hp android kita. Aplikasi ini cocok untuk surveyor dalam melakukan survey awal, namun untuk ketelitian deviasinya sangat tinggi, jadi tidak direkomendasikan untuk bisnis.
 
0 Komentar untuk "Aplikasi Untuk Merekam Track Jalur Perjalanan Menggunakan GPS di HP Android"

Back To Top