Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

Cara Mengambil Koordinat X dan Y dari Autocad ke Excel

Assalamualaikum Wr. Wb.
Senang rasanya bisa update posting lagi di blog Sahabat Survey sebagai tempat berbagi informasi dan tempat menaruh ilmu agar tidak lupa atau bisa selalu diingat. Kesempatan kali ini saya akan berbagi Cara Mengambil Koordinat X dan Y dari Autocad ke Excel. Bicara tentang istilah koordinat tentunya bagi seorang surveyor bukan hal yang asing lagi, bahkan mungkin sudah menjadi makanan sehari - hari ha ha ha. Pekerjaan surveyor memang selalu berkaitan dengan koordinat, maka dari itu Cara Mengambil Koordinat X dan Y dari Autocad ke Excel mungkin bisa bermanfaat bagi teman - teman surveyor karena sesuai perkembangan teknologi tentunya profesi surveyor dituntuk untuk bisa menggunakan komputer baik untuk keperluan menggambar maupun mengolah data dan software yang sering digunakan adalah Autocad dan Microsoft Excel.

Langkah - langkah Cara Mengambil Koordinat X dan Y dari Autocad ke Excel akan saya jelaskan sebagai berikut.

Pertama buka gambar di autocad terlebih dahulu, kalau data berupa titik atau point harus dibuat terlebih dahulu ( lihat gambar dibawah )


Kalau polyline sudah dibuat berikutnya adalah Ketik kan perintah LI (list) pada Command Line, kemudian klik pada object (polyline ) terus ENTER.

Maka akan muncul List atau daftar koordinat dari gambar polyline tersebut, selanjutnya kita select / blok bagian yang ada koordinatnya saja kemudia COPY ( CTRL+C ) ( lihat gambar dibawah ).

Langkah berikutnya buka Excel dan PASTE kan, kemudian klik menu DATA pilih TEXT TO COLUMNS.

Akan muncul jendela Convert Text To Columns Wizard dan centang Fixed Widht kemudian Next , selanjutnya sesuaikan ikuti seperti gambar dibawah ini.


Dan bisa kita lihat hasilnya koordinat sudah terpisah setiap kolom dan tinggal merapikan saja, dan gambar dibawah ini adalah hasil yang sudah dirapikan.

Sangat simpel dan mudah dipahami kan tutorial Cara Mengambil Koordinat X dan Y dari Autocad ke Excel.  Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan sesuai apa yang teman - teman cari sehingga berkunjung ke blog Sahabat Surveyor ini, jangan lupa bagikan keteman - teman yang lain agar bisa lebih bermanfaat. Jika teman - teman ingin mengetahu rumus mencari azimut dan jarak koodinat bisa baca dipostingan Cara Menghitung Azimuth antara Dua Titik Koordinat.
Wasslamualaikum Wr. Wb.
1 Komentar untuk "Cara Mengambil Koordinat X dan Y dari Autocad ke Excel"

thank for share

Back To Top