Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

Cara Menghitung Azimuth antara Dua Titik Koordinat

Assalammualaikum Wr. Wb.
Senang rasanya bisa update posting lagi dan terima kasih sudah berkunjung ke blog Sahabat Surveyor, tentunya teman - teman yang berkunjung ke posting ini sedang mencari Bagaimana Cara Menghitung Azimuth antara Dua Titik Koordinat. Kaitannya dengan koordinat selalu dilakukan oleh seorang surveyor atau pun bisa juga orang yang suka berpetualang. Banyak manfaat dengan kita mengetahui azimuth suatu titik koordinat salah satunya adalah untuk koreksi nilai dari titik koordinat tersebut. Sebelum lanjut pada pokok pembahasan Cara Menghitung Azimuth anatara Dua Titik Koordinat ada yang sama pentingnya juga dan berkaitan dengan koordinat dan azimuth yaitu Cara Mengetahui Jarak antara 2 ( dua ) titik koordinat bisa dibaca diposting saya sebelumnya di Rumus Cara Menghitung Jarak Antara 2 Titik Koordinat.

Untuk mengetahui azimuth dari koordinat, kita juga harus tahu pembagian dari Kuadran azimuth yang terbagi menjadi 4 kuadran. Untuk lebih jelas tentang kuadran azimuth dalam Ilmu Ukur Tanah bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas sangat jelas bagaimana pembagian kuadran diman hasil 
Kuadran I  αpq adalah hasil azimuth tersebut.
Kuadran II αpq negatif + 180
Kuadran III αpq positif + 180
Kuadran IV αpq negatif + 360

Kalau sudah paham tentang pembagian kuadran kita lanjutkan Untuk rumus atau perhitungan Cara Menghitung Azimuth anatara Dua Titik Koordinat yaitu 
α= Tan-¹ ((Xb-Xa):(Yb-Ya))


Untuk contoh koordinat akan saya update selanjutnya.

0 Komentar untuk "Cara Menghitung Azimuth antara Dua Titik Koordinat"

Back To Top