Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

Cara Mengetahui Koordinat Suatu Tempat Di HP Android Menggunakan Google Maps

Assalamualaikum wr wb. Ok sahabat surveyor kali ini saya akan menulis tentang Cara Mengetahui Koordinat Suatu Tempat Di HP Android Menggunakan Google Maps. Pokoknya kalau kaitanya ama koordinat ya seorang surveyor wajib tahu ya. Dengan memanfaatkan teknologi dan biasa kita gunakan yang akan membantu kita mendapat nilai koordina X,Y atau Easting Northing, Bujur Timur Lintang Selatan, Latitude Longitude pokoknya apapun sebutanya nih surveyor udah tahulah. Cara Mengetahui Koordinat Suatu Tempat Di HP Android Menggunakan Google Maps nanti koordinat yang didapatkan adalah koordinat gegografi dengan posisi latitude dan longitude atau bujur dan lintang ya baik bujur barat ataupun bujur timur dan lintang utara maupun lintang selatan.

Langsung aja deh nggak usah banyak cakap supaya bisa langsung praktek Cara Mengetahui Koordinat Suatu Tempat Di HP Android Menggunakan Google Maps.
Pertama buka aplikasi Google Maps di HP android sobat ya dan jangan lupa aktifkan GPS atau Lokasi jika ingin mengetahui koordinat kita berada, namun jika hanya ingin sekedar tahu suatu tempat jauh dari kita berdiri enggak perlu aktifkan GPS.

Kalau sudah terbuka google maps nya selanjutnya cari tempat yang akan kita cari tahu koordinatnya, misal tempat kita berdiri itu bisa dilihat digambar dengan adanya lingkaran biru silahkan lakukan DROP PIN dengan menekan agak lama maka akan muncul simbol dropp pin.

Akan muncul tulisan DROPPED PIN dilayar bagian bawah silahkan di klik dan lihat hasilnya.
Perhatikan informasi apa saja yang ada, lihat gambar dan perhatikan angka yang ditandai merah tersebut adalah angka nilai koordinat tempat tadi yang kita dropped pin. Berikut penjelasan nilai koordinat tersebut :
 -6.9353196 adalah Latitude / Lintang Selatan
108.8058679 adalah Longitude / Bujur Timur.

Kordinat yang kita dapat dari google maps adalah koordinat geografi jadi jika sobat pingin mengganti dengan UTM atau TM3 silahkan diconvert. Namun perlu diketahu bahwa koordinat yang kita dapat ini masih belum begitu akurat karena tingkat deviasi dari GPS Android masih tinggi. Jadi gunakan koordinat hasil dari google maps ini hanya untuk navigasi atau penunjuk arah yah sebagai penanda suatu tempat, jangan gunakan sebagai acuan atau patokan pengukuran ya.

Semoga Cara Mengetahui Koordinat Suatu Tempat Di HP Android Menggunakan Google Maps bisa bermanfaat buat sobat semua.
Akhir kata Wassalamualaikum wr wb.
0 Komentar untuk "Cara Mengetahui Koordinat Suatu Tempat Di HP Android Menggunakan Google Maps"

Back To Top