Tempat berbagi info Surveyor dan tentang ilmu ukur tanah

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menubar dan Ribbon Autocad

Assalammualaikum Wr. Wb. Apa kabar teman - teman semua semoga dalam keadaan baik - baik saja dan selalu bahagia. Kesempatan posting kali ini saya akan berbagi info yang masih berkaitan dengan autocad melanjutka janji saya pada posting sebelumnya yaitu Cara Menampilkan Command Line Autocad dan kali ini saya akan berbagi Bagaimana Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menubar dan Ribbon Autocad. Saat membuka autocad secara default semua menubar dan ribbon toolbar akan muncul namun kadang secara tidak sengaja dan tanpa sepengetahuan kita menu tersebut terpencet dan tidak muncul sehingga bagi pemula dalam autocad tentu sangat kerepotan. Bagi para expert atau yang sudah terbiasa dengan autocad tidak adanya menubar atau toolbar ribbon tidak terlalu berpengaruh, karena orang yang sudah terbiasa dengan autocad lebih suka menggunakan perinta kode di COMMAND LINE. Jika kita sebagai pemula menemukan masalah di Autocad Menubar dan Ribbon Toolbal tidak muncul alias sembunyi, bisa kita atasi dengan langkah berikut ini.

Perlu diketahui menubar berisi File, Edit, View, Insert, Tools, Draw, Dimension, Parametic, Window, Help,Express dan menu lain bila pengguna menambahkan exten tool tambahan itu sangat membantu bagi pemula yang belum begitu paham tentang perintah dalam command line. Untuk Menampilkan dan Menyembunyikan Menubar sangat simpel.
Untuk menampilkan menubar yang tidak muncuk langkahnya sebagai berikut :

  • Ketikkan pada Command Line : menubar - Enter
  • Kemudian Masukan Nilai = 1
  • Enter

Dan Menubar akan tampil sempurna.

Sedangkan untuk menyembunyikan menubar caranya sama hanya tinggal mengganti nilainya menjadi 0.

Selanjutnya adalah Cara Menampilkan Ribbon di Autocad, sobat bisa lihat gambar dibawah ini apa itu Ribbon. Ribon sendiri adalah sebuah baris atau papan yang berisi menu toolbar yang sudah dipisahkan masing - masing group atau kelompok sesuai fungsinya.
Berikut untuk menampilkan  Ribbon Toolbar Autocad :
Ketikkan pada command line = ribbon kemudian Enter makan Ribbon Toolbar akan muncul.
Sedangkan untuk menyembunyikan cukup ketikkan di command line = ribbonclose terus Enter.


Pantau terus blog Sahabat Surveyor untuk mendapat update atau artikel bermanfaan lainnya akhir kata Wassalamualikum Wr. Wb.
3 Komentar untuk "Cara Menampilkan dan Menyembunyikan Menubar dan Ribbon Autocad"

Back To Top